Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
SopDaging's Avatar
SopDaging SopDaging is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 563
Rep Power: 13
SopDaging mempunyai hidup yang Normal
Default Vtec, vvt-i & mivec





Teknologi mesin mobil terus berkembang, dengan nama - nama yang tak jarang membuat kita bingung. Disini saia coba menjelaskan kepada agan-2x semua, mengenai teknologi mesin yg sering kita dengar saat ini.



Saia coba dengan bahasa yg sesederhana mungkin n penjelasan yg mudah dimengerti.



Saya mulai dari teknologi yang mengatur klep (valve) dan pengapian (ignition)




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1. VTEC:






Singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, yaitu teknologi pengatur katup yang ditemukan oleh Honda, dan sampai sekarang masih digunakan oleh jajaran mesin Honda. Keunggulan teknologi VTEC terletak di kemampuan mesin bersilinder kecil dalam menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin yang bersilinder besar, dan di samping itu juga memberikan konsumsi bahan bakar yang baik, serta juga dapat digunakan secara harian.









Dasar penciptaan VTEC adalah permasalahan setelan klep. Kalo agan dulu hobi setel mesin, pasti dah tau kalo setelan klep masuk / isap dengan bukaan besar enaknya utk RPM tinggi, tapi RPM Rendah ngempos. Sedangkan bukaan kecil enaknya utk RPM Rendah sampai sedang, tapi di RPM tinggi, tenaganya Ngeden.



Nah, VTEC ini mengkombinasikan kedua-2x nya alias Ada sistem mekanis yg terletak di Rocker Arm yg dapat merubah besaran bukaan klep.



Jadinya kalo pas RPM rendah, Bukaan Klep masuk / hisap kecil, jadinya tenaganya enak n irit bensin. Pas pengen ngebut, begitu masuk RPM tinggi, VTEC Pressure Switch (gambar atas) akan aktif n menggerakkan mekanis VTEC sehingga Rocker Arm menekan klep lebih dalam alias bukaan klep lebih besar, sehingga tenaganya gak ngeden...




[/quote]
Quote:






Originally Posted by andi_liani



TOP ..... melon meluncur .........





kalau I-VTEC ?











Selain VTEC ada juga i-VTEC (intelligent VTEC) yang juga dilengkapi mekanisme memajukan dan memundurkan pengapian. Tentu hasilnya lebih maksimal untuk meningkatkan efisiensi mesin.











Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 2. VVT-I:






VVT-i atau Variable Valve Timing-intelligent bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan pintar waktu buka tutup valve yang variatif. Secara garis besar, sistem kerja pada VVT- I, yg diatur bukan besarnya bukaan klep, tetapi timing bukaan klep terserbut. Pengaturannya juga tidak hanya berdasarkan RPM tapi juga menghitung volume udara masuk, posisi throttle (pijakan pedal gas) temperatur mesin dan beban yang ditanggung. VVT-I juga bersifat CONTINUES ,berarti perubahannya realtime mengikuti perubahan RPM. Tidak melalui tahap2/ steper seperti halnya Vtec dan Mivec yg hanya 2 atau 3 stage.
















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 3. MIVEC:






Sama ama VTEC hampis di semua sisi. Bedanya hanya di sistem mekanis di rocker arm yg mengatur besaran buka tutup klep tersebut..















================== ========


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Video Perbandingan VTEC, VVT-I & MIVEC:
















================== ========






Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 4. Valvetronic & Vi Vanos:







Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by wonbincool



Teknologi BMW tuh VALVETRONIC,Bi Vanos...



Mohon penjelasan juragan2...apakah menang dibandingkan teknologi jepang?



Btw....kenapa motor SOHC bisa menang tenaganya dr DOHC ya?



Contoh : Kasus All new Jazz..tenaganya jauh lebih gede dibanding Nissan GL, Toyota Yaris, dan suzuki Swift..padahal 3 merk ini DOHC lho...



padahal kan dalemannya sama...



Mohon petunjuk..thanks









VALVETRONIC n Bi Vanos



Prinsip kerjanya Valvetronic bisa kita umpamakan seperti VTEC.



Valvetronic bisa mengubah besarnya bukaan klep (nggap pake tahap / stage).



Penggerak pengubah besar bukaan klep digerakkan oleh dinamo.



Maap, gambarnya cuma ada yg pake tulisan Rusia...





Sedangkan Vanos mengatur durasi (lama / cepatnya) bukaan klep. Seperti VVT-I lah...

Sedangkan Bi Vanos adalah vanos di cam utk klep masuk / hisap + vanos di cam utk di klep buang / exhaust.









Utk masalah menang atau kalahnya, menurut saia ya relatif gan. Dari sudut mana dulu nih ?



Kalo secara garis besar, menurut saia, semua teknologi manajemen klep ini kan fungsinya hanya sebatas optimalisasi aja. Jadi tergantung dari mesinnya juga.





Utk perhitungan tenaga mesin, sebenarnya ada banyak faktor. Gak bisa dipandang dari sudut DOHC n SOHC nya aja, banyak faktor yg lebih menentukan seperti :



- Ukuran piston

- Langkah (jarak TMA ke TMB)

- Bentuk n bahan piston n mesin itu

- Disain intake n exhaust

- Teknologi manajemen klep

- Rancangan program ECU



Yang jelas, tiap pabrikan punya rumusan masing - masing utk perbandingan tenaga n efisiensi mesin buatan mereka.



Masukan / koreksi dari agan yg lain ?








Quote:






Originally Posted by wonbincool



Jadi kesimpulannya..



Teknologi mana yg kenceng dan enak untuk dibuat berkendara?









Nah, kalo bicara kencang, selain faktor mesin, ada lagi faktor "Gear Ratio", "Bobot Kenderaan" n "Tingkat Aerodinamis bentuk bodi".





Bagi saia, utk menghitung tenaga yg real dari sebuah mobil, saia selalu membandingkan antara Bobot mobil : tenaga Max mesin.



Contohnya gini gan, ada 2 mobil, misalkan mobil A dan Mobil B



Mobil A :

- Tenaga mesin : 200 Hp

- Bobot Mobil : 2 Ton



Mobil B :

- Tenaga mesin : 150 HP

- Bobot Mobil : 1 Ton





Jadi kalo aspek yg lain kita anggap sama, saia bakal bilang kalo Mobil B lebih kencang n Lebih kontan dari mobil A. Kenapa ?



Mobil A = 2 Ton / 200 HP = 10

Artinya utk setiap 1 HP menanggung beban 10 KG



Mobil B = 1 Ton / 150 HP = 6.6

Artinya utk setiap 1 HP menanggung beban 6.6 KG





Nah, logikanya dengan seekor kuda, mana yg bisa lari lebih kencang, kuda yg dikasih beban 10 Kg atau yg 6.6 Kg ?






Quote:











Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 5. VVEL & Neo VVL:







Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by tokok2000



masukkan neo VVEL dan VVEL dong gan








Variable Valve Event and Lift (VVEL)





Teknologi manajemen klep ala Nissan. Berdasarkan skema kerjanya, VVEL ini mirim ama Valvetroniknya BWM, dimana pergantian profil klep digerakkan oleh dinamo listrik. Pembahasan soal valvetronik udah ada di halaman 5 gan.




Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for PENAMPAKANNYA:




























================== ========



NEO VVL = Nissan Ecology Oriented Variable Valve Lift and Timing



Masih dari Nissan, dan juga masih berkutat di manajemen klep, seperti VTEC juga. Perubahan derajat dan tinggi bukaan klep karena cam memiliki 2 profil / klep.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for PENAMPAKANNYA:
























Spoiler for open this:
Spoiler for open this:













[spoiler=open this] for 6. Vvti, dvvt, cvvt, vanos dan lainnya:






[quote]






Originally Posted by JustJoni



kalo vvtnya suzuki, dvvt, cvvt, vanos dan semacamnya itu prinsipnya sama dengan vvti, jadi cara kerjanya juga kurang lebih sama aja..



kalo yang variable lift and duration : vtec, mivec, campro

yang continuously variable lift and duration : valvetronic, valvematic (toyota), vvel (nissan), advanced vtec (honda)



perusahaan2 lain juga banyak yang mengembangkan katup variabel seperti diatas, hanya saja publikasinya ga gede2an..



tapi biasanya buat perusahaan jepang/korsel variable valve timing yang digunakan adalah yang sejenis vvti dkk..

















Lanjut ke Post 3


Oh iya gan, kalo boleh nih...









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 10:07 PM.


no new posts