
12th January 2011
|
 |
Ceriwis Pro
|
|
Join Date: Jul 2010
Location: TM#45|PIC#043|
Posts: 2,510
Rep Power: 39
|
|
Mobil Balap Hybrid Berkekuatan 767 Tenaga Kuda
Quote:
JANJI Porsche yang akan menampilkan mobil istimewa telah dipenuhi oleh produsen mobil sport Jerman ini di North American International Auto Show (NAIAS) 2011, Detroit. Mereka mencomot mesin 911 R Hybrid GT3 dan dicemplungkan ke konsep 918 Spyder dan jadilah Porsche 918 RSR.
Mobil istimewa ini hadir dalam format coupe bertenaga 767 hp yang dihasilkan oleh mesin V8 dengan pasokan bahan bakar injeksi langsung plus sepasang motor listrik di roda bagian depan.
Seperti GT3 R Hybrid, Porsche memandang RSR adalah sebuah 'laboratorium balap' untuk menguji teknologi hemat bahan bakar dalam kondisi ekstrem sebagai dasar pengembangan kendaraan hybrid berperforma tinggi.
Mesin V8 RSR sendiri sanggup menghasilkan 563 hp pada 10.300 rpm. Rahasia lonjakan tenaganya yang mencapai 767hp, berasal dari sistem hybrid yang mengoleksi energi dari pengereman dalam flywheel power accumulator yang dapat berputar hingga 36.000 rpm.
Tenaga tambahan tersebut disalurkan ke sepasang motor listrik masing-masing berkekuatan 75kW di roda depan, dengan menekan sebuah tombol. Pengemudi akan mendapat daya tambahan sebesar 150kW yang mampu memasok tambahan daya selama 8 detik.
Kedua motor listrik di roda depan juga memiliki fungsi 'torque vectoring' yang memungkinkan pembagian torsi secara variabel ke roda depan untuk meningkatkan kelincahan serta ketajaman pengendalian.
DNA balap RSR juga terlihat pada bagian bodinya yang dibangun menggunakan konstruksi monocoque dari bahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) yang ringan namun sangat kuat. Begitu juga dengan transmisi 6 speed constant-mesh yang dapat dioperasikan lewat sistem paddle shift di belakang roda kemudi seperti mobil F1 yang semakin mengentalkan aroma balap.
Dari trasidisi lama yang dibuat oleh mobil balap klasik Porsche untuk jarak jauh seperti 908 long-tale coupe 1969 dan 917 short-tail coupe 1971, para perancang Porsche menciptakan hubungan ke filosofi 'bentuk mengikuti fungsi' postmodernisme.
Pada 918 RSR, aliran garis elegan didominasi oleh lengkung rumah roda berotot, air intake yang dinamis dan kokpit seperti mimbar. Warna 'liquid metal chrome blue' dan nomor 22 sengaja digunakan untuk mengenang kejuaraan Le Mans 1971 yang dimenangkan oleh Dr Helmut Marko dan Gijs Van Lennep yang mengendarai Porsche 917 short-tail coupe.
Pasangan ini mencatatkan jarak 5.335,313km dengan kecepatan rata-rata 222,304 km/jam yang tak terkalahkan hingga tahun 2010.
Presiden dan CEO Porsche AG Matthias Mueller mengatakan bahwa dengan 'laboratorium balap' 918 RSR, kami berupaya meneliti metode untuk meningkatkan efisiensi yang lebih baik lagi di bawah kondisi ekstrem arena balap. Ke depannya, potensi teknologi ini tidak hanya akan diterapkan di dunia motorsport, tetapi bisa juga untuk mobil sport yang akan diturunkan di jalan raya.
|
|