FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Military Pembahasan mengenai militer seperti tentara, atribut, alat perang hingga sejarah militer didiskusikan disini |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() ![]() Ada satu jenis kendaraan, yang identik dengan kendaraan perang. Di Indonesia, kendaraan ini dikenal dengan nama �Jip�. Sebutan �Jip� sendiri diambil dari kata �Jeep� yang merupakan salah satu kendaraan produksi Amerika Serikat. Jika melihat sejarahnya, sesungguhnya Jeep bukanlah pelopor kendaraan khusus bagi keperluan militer. Tetapi justru nama ini yang nantinya terkenal sebagai kendaraan militer yang legendaris. ![]() Perusahaan pertama yang berhasil memenuhi permintaan ini adalah Mercedes Benz, pada tahun 1933. Mercedes Benz bisa dengan cepat memenuhi pesanan ini dengan cara melakukan modifikasi pada salah satu jenis kendaraan lintas alam (cross country) yang pernah diproduksi pada tahun 1926, yang diberi nama G-Class atau kependekan dari Gelaendewagen (= land cruiser, dalam bahasa inggris). G-Class versi awal ini adalah sebuah truk yang menggunakan 6 roda. Hasil modifikasinya berupa jip long chassis yang masih menggunakan 6 roda. Baru pada pengembangan berikutnya yaitu tahun 1933, bentuknya berubah total seperti jip, menggunakan 4 roda dan diberi kode produksi G-5. G5 menggunakan suspensi independen pada bagian depan dan belakang, serta dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris. Daya yang dapat dihasilkan mesin ini sebesar 48 PK (paardekracht = daya kuda). ![]() BMW 325 menggunakan mesin 6 silinder segaris yang sanggup menghasilkan daya 50 PK pada 4.000 putaran mesin per menit (rpm). Kendaraan tempur hasil produksi kedua pabrik mobil ini kemudian langsung digunakan untuk memulai Perang Dunia II, dengan menyerbu Cekoslovakia pada tahun 1939. Karena perang ini menjadi besar, kebutuhan akan kendaraan perang meningkat secara drastis. Untuk memenuhi kebutuhan ini Kanselir Jerman, Hitler, memerintahkan Ferdinand Porsche (yang pada tahun 1933 sukses membuat mobil rakyat) untuk membantu mendesain kendaraan tempur lainnya. Ferdinand Porsche lalu memodifikasi KDF, prototipe mobil yang nantinya populer dengan nama Volkswagen Beetle, menjadi Kubelwagen atau Type 82. Oleh karena mengunakan basis Volkswagen Beetle, maka spesifikasinya sama persis yaitu : menggunakan mesin 1.131 cc, 4 silinder, berpendingin udara, dan diletakkan di bagian belakang mobil. ![]() Berbeda dengan Mercedes Benz G5 dan BMW 325, penggerak 4 roda pada Kuebelwagen hanya berfungsi saat gigi persneling berada dalam posisi 1, selanjutnya menjadi 4 x 2. Awalnya, Kubelwagen sempat diragukan kemampuannya oleh kalangan militer, karena tidak berpenggerak empat roda, mesinnya terletak di belakang dan kapasitasnya kecil. Tapi karena mudah dikendarai dan mampu menjelajahi segala medan, akhirnya Kubelwagen menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan (total produksinya adalah 52.018 unit) dan paling dikenal dalam perang dunia II ![]() Selain Kubelwagen, Ferdinand Porsche juga mendesain Schwimmwagen (14.276 unit), yaitu satu jenis kendaraan yang daapat digunakan di dua alam (amfibi) yaitu tipe 128 dan tipe 166. Mesinnya sanggup mengeluarkan daya 25 PK. Untuk bergerak di air, pada bagian belakang mobil dilengkapi dengan propeler yang bisa dilipat. Kecepatan begerak di air sekitar 6 kilometer per jam. Cara mengemudikan kendaraan ini di air sama dengan di darat yaitu dengan membelokkan roda depan ke kiri atau ke kanan |
#2
|
||||
|
||||
![]()
I love KUBELWAGEN
![]() |
#3
|
||||
|
||||
![]()
sayang banget...
mobil2 yg kaya gini skrg udh g ada d jalan ![]() |
#4
|
|||
|
|||
![]()
haha lucu ya bentuknya
|
![]() |
|
|