Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Gokanatep's Avatar
Gokanatep Gokanatep is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 2,023
Rep Power: 15
Gokanatep mempunyai hidup yang Normal
Default kopling hyundai avega bermasalah. mohon bantuan nya. thanks.

belum sempat ke beres hyundai, hasil yg yg di dapat setelah di dengar lebih seksama :



I.

kopling agak keras jika di tekan dan muncul suara berdenyit/berdecit , begitu juga disaat kopling di lepas, muncul suara berdenyit...nyitt...ngekk....nyitt...ngekk....

saya perhatikan di ruang mesin, di saat kopling di tekan dan di lepas, ada seperti tuas kecil (tertutup karet) yg ikut bergerak, letak nya kira2 dibawah saringan udara. saya menduga seperti nya kering dan keset, makanya timbul suara berdenyit tsb. lalu saya coba semprotkan WD-40 dan menambahkan minyak gemuk ke tuas tsb.

benar saja, bunyi tersebut langsung hilang dan kopling berasa sangat ringan ketika di tekan dan dilepas. lalu saya coba bawa mobil berkeliling sebentar

dan sesudah nya bunyi tersebut muncul kembali. saya mengira mungkin cairan wd-40 dan minyak gemuk nya kurang banyak, lalu saya tambahkan lagi. hasil nya tetap saja, bunyi nya nga hilang2.



* apakah kopling avega memakai system kabel atau tidak ? jika iya, apakah bunyi tsb, jika lama kelamaan bisa menyebabkan kabel putus secara tiba2 ? gawat juga kalau putus di tengah jalan.



* apakah bisa kopling avega di buat menjadi ringan jika di tekan ? capek dan pegal juga kaki kalau menyetir di kemacetan dgn kondisi stop n go. jika bisa apa saja yg harus di ganti/di setel ? kalau jarak main nya dekat jauh tidak masalah, yg penting bisa ringan.



* bagaimana solusi utk mengatasi bunyi berdenyit/berdecit ini ?



II.

Dengan kondisin mesin nyala, baik sedang berjalan maupun stationer di posisi gear netral...jika kopling di tekan, kadang2 muncul suara desingan/ berdesing seperti gesekan benda berputar (sumber nya terdengar jelas kira2 di wilayah pedal kopling). kadang2 bunyi nya hilang lalu muncul lagi.

masalah ini sudah pernah di jawab oleh tmn2 di forum ini, katanya ini adalah suara dek laher. lalu kemarin saya sempat mampir kebengkel umum utk di periksa, celaka nya sewaktu di periksa oleh mekanik bengkel tsb, bunyi desingan nya tidak muncul2. dan mekanik nya bilang tdk ada masalah. karena penasaran, saya lalu bawa ke bengkel lain utk di periksa, kali ini bunyi desingan nya muncul , saat itu kondisi AC nyala. lalu mekanik nya mematikan AC, dan bunyi desingan nya hilang. yg buat saya makin bingung, mekanik nya bilang bahwa ini bukan dek laher nya yg bermasalah. tapi AC nya. lalu saya disarankan utk membawa ke spesialis AC utk di periksa. saya makin bingung, selama ini AC nya dingin dan tdk pernah ada bunyi ngorok gitu. kalaupun ada suara, itu hanya suara hembusan angin dari kisi2 AC. saya terbiasa menyalakan AC dgn putaran kipas maksimal 2. itu pun kalau cuaca di luar sangat terik . kalau tidak terik, saya hanya pakai putaran kipas nya di angka 1, udah cukup dingin.



* apakah benar ada bunyi desingan ini ada hub nya dengan AC ?

* jika iya ini adalah kerusakan dari dek laher, apakah harus mengganti 1 set kopling dkk nya ? bagaimana kalau hanya dek laher nya saja yg di ganti ?

* berapa harga dek laher saja dan harga kopling set yg asli ?

* apakah lebih baik mempercayakan semua masalah ini ke bengkel resmi hyundai dan konon kata nya akan membuat kantong jebol ? atau membeli sendiri part asli lalu membayar ongkos jasa kepada bengkel biasa utk memasang nya ?

* bengkel resmi hyundai yg terdekat dari rumah saya adalah beres yg di pluit - jakut. adakah teman2 yg punya pengalaman di beres tsb ? bagaimana pelayanan dan hasil kerja beres tsb ?

* apakah di beres, kita bisa dan di perbolehkan melihat dan memantau langsung dari jarak dekat proses perbaikan terhadap kendaraan kita dari awal sampai akhir ? maaf , saya kurang percaya dengan bengkel resmi. alasan nya ?



dulu, saya pernah menjadi bagian intern dari sebuah showroom dan bengkel resmi , hanya saja ini ada lah show room dan bengkel resmi kendaraan motor. bukan mobil. saya tahu persis kebobrokan dan permainan kotor di bengkel resmi. pelayanan, komitmen dan kejujuran adalah slogan semata. realita nya sangat hancur.



sebagian kecil nih permainan kotor para mekanik dkk beres :



* setiap kendaraan baru mendapat oli gratis beberapa kali utk servis awal. jatah oli gratis adalah kemasan 1 liter. kebutuhan oli kendaraan baru (bebek type) adalah 800 cc. jadi setiap pergantian oli gratis ada sisa oli +/- 200 cc. nah 200 cc ini, oleh para mekanik di tampung di botol oli yg kemasan nya masih bersih dan bagus. jika terjadi 4 kali pergantian oli gratis , maka total oli sisa yg terkumpul adalah 200 cc x 4 = 800 cc. nah konsumen yg apes akan mendapat oli gratis dari oli sisa tsb. sedangkan oli baru yg seharus nya menjadi hak konsumen, akan di jual oleh para mekanik di luar bengkel.



* setiap servis , bisa di pastikan , karburator motor akan di lepas, dengan embel2 di bersihkan, di cuci. didalam karburator ada terdapat karet bulat (0-ring). sering para mekanik mengatakan kepada konsumen bahwa karet tsb rusak, kendur, atau apalah. yg bisa menyebabkan karburator bocor ,merembes. lalu konsumen menjadi was2 dan disarankan utk mengganti karet tsb yg tdk termasuk dalam garansi. karet tsb harga nya cukup utk membeli 3 bungkus rokok 234. PADAHAL KARET TSB BAIK2 SAJA DAN TIDAK RUSAK. apa daya , konsumen dilarang memasuki servis area sehingga bisa melihat langsung apa saja yg di lakukan oleh para mekanik dgn dalih bisa mengganggu konsentrasi kerja mekanik. oh ya ??



* secara pribadi, saya yakin tidak ada bengkel resmi yg punya stok lengkap spare part. sering para bengkel resmi punya hub baik dengan toko2 penjual spare part di luar sana. saling substitusi lah. ini wajar, karena produsen spare part juga mendistribusi kan spare part tidak hanya kepada bengkel resmi, tapi juga ke pedagang diluar sana. ini di lakukan agar lebih memudah kan konsumen utk mendapatkan spare part mereka. niat yg sungguh baik dan tulus. tapi .... hehe....sering kok para mekanik dan oknum dalam , bermain mata. bisa2 spare part yg dipasang di kendaraan anda bukan lah original, tapi kw-kw an. kok bisa ? ya iya lah, konsumen kan cenderung percaya kalau setiap spare part yg di beli dan di pasang oleh mekanik dari bengkel resmi adalah ASLI.



udah ah, terlalu menjelek kan ntar. ini hanya sebagian kecil saja. masih banyak modus2 nakal lain nya.

mohon maaf kalau ada yg menyinggung dan kurang pantas. ini hanya pengalaman pribadi sewaktu berkarir dulu. dan saya bagikan apa ada nya.

saya tidak men judge semua bengkel resmi dan mekanik bengkel resmi negatip seperti itu. saya percaya masih ada mekanik dan bengkel jujur di negri ini. hanya saja , mungkin butuh usaha ekstra menemukan nya.



tapi jangan khawatir, saya punya penangkal utk bengkel resmi dan mekanik "nakal" seperti itu. apa itu ? tolong teman2 mohon bantu saya menjawab dan memberi solusi dulu utk masalah avega 2007 saya, yg baru saya beli 2 minggu yg lalu. hehe...THANKS.



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:55 PM.


no new posts