Bisnis
Memulai bisnis online bukanlah hal yang mudah, selain harus melek teknologi menjalankan bisnis secara online juga berarti Anda harus memahami setiap strategi bisnis yang ada di dunia maya ini. Banyak orang berlomba-lomba untuk terjun menjalankan bisnis online dan berakhir gagal karena kurang memahami strategi bisnis yang ada.
Dalam hal memasarkan produk dalam bisnis online, Anda memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran, tentu hal ini sedikit berbeda dengan strategi promosi pada bisnis di dunia nyata. Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, kesuksesan pada bisnis Anda dapat diraih dengan cepat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan dan mendulang brand awareness ketika strategi promosi dijalankan.
maksimalkan-sosial-media.jpg1680x1080 126 KB
Lalu bagaimana strategi promosi yang paling efektif untuk diterapkan pada bisnis online? Pada tulisan berikut saya akan membahas lima buah point penting terkait strategi promosi yang mungkin menarik untuk Anda coba.
Libatkan Pengguna Online Aktif Untuk Promosi
Melibatkan pengguna online aktif seperti artis sosial media atau Blogger untuk mendukung aktivitas promosi adalah langkah yang sangat baik dalam bisnis online. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah mengetahui komunitas mana yang menaungi mereka, lalu kemudian cobalah membuat agenda untuk bertemu komunitas tersebut. Seringkali Blogger dan artis media sosial menjadi incaran banyak brand sebagai ujung tombak promosi karena eksistensi mereka di dunia online. Para Blogger dan artis sosial media memiliki banyak jaringan yang tentu dapat langsung membuat produk yang sedang Anda promosikan menjadi booming ketika mereka mulai membicarakannya di jaringannya masing-masing.
Maksimalkan Sosial Media
Memaksimalkan sosial media untuk kebutuhan promosi bukan berarti Anda melakukan promosi secara terus menerus disana. Strategi promosi yang efektif di sosial media adalah dengan cara mengenali perilaku followers dan mengetahui waktu yang tepat untuk promosi. Sosial media dibuat untuk kebutuhan interaksi satu sama lain, pastikan Anda melakukan interaksi yang berkelanjutan dengan followers sosial media Anda agar mereka merasa nyaman dan tidak lagi merasa risih dengan promosi yang Anda lakukan. Bahkan jika Anda melakukan pendekatan yang tepat, Anda dapat menghipnotis followers sosial media sebagai buzzer tanpa perlu Anda meminta mereka untuk melakukan hal tersebut.
Adakan Sebuah Kompetisi
Mengadakan sebuah kompetisi online dalam setahun sekali tentu tidak akan membuat jumlah penghasilan Anda berkurang. Cobalah sesekali membuat sebuah lomba atau kompetisi yang pastinya akan menjaring lebih banyak calon pelanggan baru. Dengan membuat sebuah kompetesi seperti ini Anda juga sudah melakukan tindakan branding yang dapat membuat brand Anda dikenal lebih banyak orang. Pastikan Anda membuat sebuah kompetisi yang benar-benar sifatnya berkompetisi, bukan sebuah promosi yang diselimuti kompetisi. Dengan melakukan hal ini Anda mungkin akan mendapatkan sebuah kesan baik dari mereka yang mengikuti kompetisi yang Anda jalankan