
6th May 2010
|
Ceriwis Addicted
|
|
Join Date: Dec 2009
Location: solo-jkt pp
Posts: 4,511
Rep Power: 24
|
|
BMW Geser Toyota Sebagai Merek Terpopuler
SUMBER
Quote:
Quote:
NEW YORK, KOMPAS.com - Musibah yang dialami Toyota, tak hanya berdampak pada penjualan. Tapi juga menurunkan pamornya sebagai merek terpopuler, yang kali ini tahtanya direbut oleh BMW. Ini hasil penelitian yang dilakukan perusahaan riset dunia Millward Brown yang berbasis di New York, Amerika Serikat.
Peter Walshe, Global Brand Director Millward Brown mengatakan, kesialan Toyota masih berlanjut beberapa bulan belakangan ini. "Tapi, Toyota merupakan merek kuat dan tengah berjuang kembali membenahi keadaan dengan kampanye komunikasi. Dari pengalaman kita, hampir seluruh merek kuat akan bisa melewati krisis dengan baik," ujar Walshe seeprti dilansir Autoevolution (28/4/2010).
Dari hasil penelitian, nilai merek BMW memang turun 9 persen dibandingkan tahun 2009 sebesar US$ 21,8 miliar. Namun Toyota lebih parah, anjlok cukup signifikan mencapai 27 persen di bawah US$ 21,8 miliar.
Terdapat dua merek yang berhasil menaikkan nilai merek, yakni Ford dan Volkswagen (VW). Ford, berhasil mendongkrak nilai merek dari berbagai investasi dan inovasi teknologi yan dilakukan seperti Sync, pengontrol emisi, dan penggunaan media jejaring sosial di internet untuk media kampanye. Merek asli Amerika Serikat ini meningkat 19 persen menjadi US$ 7 miliar, namun dari jumlah nilai masih kalah sama BMW.
Sementara VW menjadi merek dengan lonjakkan terbesar 20 persen menjadi sedikit di bawah US$ 7 miliar dan Audi naik persen menjadi USS$ 3,6 milyar.
"Kedua merek di atas terbilang terpercaya dengan kesan mewah, distrubusi global, rekayasa dari Jerman, dan lebih terjangkau ketimbang merek serupa BMW dan Mercedes-Benz," lanjut pihak Millward Brown.
Mercedes-Benz justru mengalami penurunan nilai merek 11 persen menjadi US$ 13,7 miliar. Dilanjutkan dengan Porsche turun 31 persen menjadi US$ 12 milyar.
|
|
--- hmmm, setiap bisnis ada untung dan rugi serta resiko yg menyertai :yareyare: ---
|